Mau Kenalan Dengan Sirosis Hepatitis ?

Masih seputar si Hati ya..  setelah kita tahu fungsi hati dan penyakit hepatitis sekarang kita cerita si hati lagi ya... tapi ini lanjutan dari penyakit Hepatitis, yaitu Sirosis Hepatis,  ada yang sudah tahu kan...  kalau yang belum tahu yuukk kenalan... 

Apa yaa..  Sirosis Hepatis itu? 
Serosis adalah penyakit dimana hati mengalami kerusakan/perlukaan yang  terus menerus selama bertahun-tahun. Penyebab paling umum adalah penyalahgunaan alkohol (pecandu minum alkihol), hepatitis B atau C kronis (infeksi virus yang mempengaruhi hati), dan penyakit hati berlemak (sering terlihat pada orang dengan obesitas atau diabetes). Dalam stadium lanjut, sirosis biasanya ireversibel (tidak dapat kembali pada keadaan semula), sehingga membutuhkan pengobatan dengan transplantasi hati. Oleh karena itu agar sirosis dapat bersifat reversibel, maka pengobatan penyebab sirosis harus di lakukan sedini mungkin.

Mau tahu tanda dan gejalanya....
Gejalanya pada umumnya hampir sama dengan orang sakit biasa seperti hilangnya nafsu makan ,badan lemah,berat badan turun, cuman pada sirosis hepatis ini  di iringi dengan menguningnya kulit atau mata,,gatal gatal, muntah darah,buang air besar berwarna hitam atau mengandung darah, bahkan perut kelihatan membesar karena penumpukan cairan.
Pada wanita mengalami menstruasi tidak teratur atau tidak mengalami menstruasi,dan pada pria mengalami disfungsi ereksi,ketidak suburan atau kehilangan dorongan seksual, pembuluh darah vena di perut terlihat dengan jelas
Untuk memastikan penyakit sirosis hepatis tentunya memerlukan pemeriksaan yang akurat,biasanya yang sering di lakukan menggunakan USG,Biopsi hati dengan menggunakan jarum untuk mendapatkan sampel jaringan hati sehingga dapat di periksa untuk tanda tanda kerusakan.


Bagaimana cara pengobatannya 
Jadi di sini yang perlu di ketahui adalah mengetahui penyebab terjadinya penyakit sirosis hepatis,baru mengobati penyebabnya, contonya kalau akibatnya karena alkohol (peminum alkohol) maka penangan awalnya adalah mengontrol atau menghentikan kebiasaan buruk minum minuman beralkihol,
Kalau penyebabnya karena infeksi misalnya karena virus hepatitis C, maka sangat penting untuk mengobati infeksi tersebut terlebih dahulu.

Tips penderita yang sudah terdeteksi sirosis hepatis agar tidak bertambah parah
Walaupun sudah terdeteksi penyakit ini , harus selalu optimis dan menjaga hati agar tidak mengalami kerusakan hati lebih parah lagi.
*  Melakukan vaksinasi untuk melindungi hati,seperti vaksinasi terhadap hepatitis A dan B dapat membantu mencegah kerusakan hati lebih lanjut.
*  Hindari alkohol dan obat obatan yang dapat merusak dan membahayakan hati , karena alkohol dan obat obatan adalah racun yang membuat hati bekerja lebih keras dan akan membuat kerusakan hati
*  Perlu di perhatikan bagi penderita sirosis hepatis untuk mengkonsumsi asupan garam hingga 2000 miligram perhari baik dari makan yang di masak sendiri maupaun yang terkandung dalam makanan kemasan.
*  Periksa kedokter secara teratur dan istirahat yang cukup,olah raga juga tentunya
*  Makanlah dengan makanan yang mengandung gizi seimbang dengan protein dan kalori yang cukup
*  Tetap berdoa ini yang terpenting di samping tetap terus berusaha.

Demikianlah sedikit info yang bisa saya sampaikan agar bisa manfaat untuk diri sendiri dan orang orang terdekat sekitar kita..
##MajalahKesehatanMuslim##







Komentar

Postingan Populer